Rabu, 15 Januari 2014

Tak Mau Bangun Smelter, Perusahaan Tambang Bakal Ditutup

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo menyatakan akan mengambil tindakan tegas jika ada perusahaan tambang yang keberatan membangun smelter pasca-penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pelarangan Ekspor Bahan Mineral.

"Keberatan silakan aja. Pokoknya kalau gak bangun (smelter) tutup. Yang jelas tidak boleh ekspor (bahan mineral mentah)," tutur Susilo ketika ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Dia mengingatkan agar perusahaan-perusahaan tambang seharusnya mulai serius membangun industri pemurnian dan pengolahannya sebelum terkendala usahanya dengan peningkatan bea keluar progresif yang bergerak naik dari tahun ke tahun.

"Bagi perusahaan-perusahaan yang akan ekspor konsentrat, dia harus sudah mulai serius membangun smelter. Jika mereka ekspor ada biaya keluaran yang jumlahnya makin lama makin progresif. Sehingga kalau mereka tak mau ya bagaimana," tukas Susilo.

Seperti diketahui, pasca penerapan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara melalui PP Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pelarangan Ekspor Bahan Mineral, beberapa perusahaan tambang raksasa menyampaikan keberatannya membangun smelter.

Pemerintah sendiri tetap bersih keras agar industri pengolahan dan pemurnian bahan mineral harus segera dibangun di dalam negeri sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap produk tambang. (rzy)

http://economy.okezone.com/read/2014/01/15/19/926618/tak-mau-bangun-smelter-perusahaan-tambang-bakal-ditutup

Analisisnya :
What : Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo menyatakan akan mengambil tindakan tegas jika ada perusahaan tambang yang keberatan membangun smelter pasca-penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pelarangan Ekspor Bahan Mineral.
Who : Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo
Where : Hotel Shangri-La,Jakarta
When : Rabu (15/1/2014)
Why : Agar perusahaan-perusahaan tambang seharusnya mulai serius membangun industri pemurnian dan pengolahannya sebelum terkendala usahanya dengan peningkatan bea keluar progresif yang bergerak naik dari tahun ke tahun.
How : Pemerintah sendiri tetap bersih keras agar industri pengolahan dan pemurnian bahan mineral harus segera dibangun di dalam negeri sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap produk tambang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar