Rabu, 08 Januari 2014

Masyarakat Masih Bingung Daftar BPJS Kesehatan

SEMARANG – Hingga hari kedua pelaksanaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, masih banyak masyarakat yang belum bingung mengenai prosedur pendaftaran sebagai anggota BPJS.

warga Mangkang Semarang, Robert, yang ditemui di posko BPJS RS Kariadi mengatakan, dia baru mengetahui program BPJS setelah diluncurkan oleh presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) 1 Januari lalu. DIa sendiri hingga kini belum mengetahui mekanisme pendaftaran sebagai anggota BPJS Kesehatan.

“Ini kemarin baru tahu dari media massa di launching sama presiden. Saya nggak tau gimana caranya mendaftar kalau dari masyarakat biasa,” ungkapnya jumat (3/1/2014).

Hal senada juga diungkapkan Tamiri yang kebetulan berada di rumah sakit Kariadi untuk menjenguk saudaranya. Menurutnya selama ini dia belum pernah mendapatkan sosialisasi mengenai pelaksanaan BPJS kesehatan.

“Baru tahu ini setelah tanya-tanya di rumah sakit kalau ada program ini. Mau nanya gimana kalau dari luar kota, ada cabangnya enggak di sana?” tutur dia.

Sementara itu humas RS Kariadi Semarang, Darwito mengatakan, pihaknya sengaja membuka posko sosialisasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Diharapkan dengan posko ini maka masyarakat bisa mengetahui manfaat dari program pemerintah ini.

“Sejak kemarin kita buka posko ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat supaya tau manfaat BPJS. Ini memang tugas kami sebagai rumah sakit pemerintah,” ujarnya

Menurutnya, RS Kariadi telah siap melaksanakan program pemerintah tersebut. Saat ini terdapat 900 unit tempat tidur untuk pasien, dimana 50 persen di antaranya untuk merawat pasien kelas tiga.

“Kita punya 900 bed atau tempat tidur dengan dilengkapi sekitar 400 dokter. Rata–rata untuk pasien kelas tiga terisi sekitar 85 persen, jadi kita siap kalau ada penambahan,” tukas dia. ()

http://economy.okezone.com/read/2014/01/03/320/921205/masyarakat-masih-bingung-daftar-bpjs-kesehatan


Analisa :
Sebaiknya lebih di sosialisasikan saja tentang bagaimana cara mendaftar sebagai anggota BPJS dan jangan menyulitkan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar