Minggu, 03 November 2013

Penggilingan Padi Mulai Kekurangan Pasokan Gabah


BANJAR, (PRLM).- Penggilingan padi mulai kekurangan gabah untuk diproses menjadi beras. Berkurangnya aktivitas penggilingan padi atau huller tersebut disebabkan karena banyak petani yang memilih menyimpan gabah menunggu harga gabah naik.
Penurunan aktivitas penggilingan padi berlangsung sejak memasuki musim kemarau. Pada saat musim kemarau penurunan penggilingan padi mencapai 40 persen - 50 persen dibandingkan kondisi normal. Kondisi tersebut juga tidak lepas dari adanya penurunan produksi gabah petani. Untuk memenuhi kewajiban terhadap Bulog, beberap penggilingan padi terpaksa harus mencari gabah dari luar daerah.
"Sejak musim kemarau lalu sampai sekarang, ada penurunan penggilingan cukup banyak. Biasanya penurunan itu bakal berlangsung hingga menjelang masa panen mendatang," ungkap Endang, pekerja salah satu penggilingan padi di Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Kamis (31/10/2013).
Dia mengungkapkan apabila sebelumnya rata-rata per hari menggiling sekitar tiga ton gabah, saat ini dalam kurun waktu yang sama maksimal hanya satu setengah ton. Penurunan tersebut juga disebabkan karena petani atau pemilik gabah masih menunggu harga kembali naik.
"Banyak petani yang lebih senang menyimnpan gabah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya paceklik. berkurangnya hasil panen, maka gabah yang digiling juga turun, terlebih saat musim kemarau ini," tuturnya.
Saat ini harga gabah di tingkat penggilingan padi Rp 470.000 per kuintal, sedangkan di lain pihak petani meminta harga Rp 500.000 per kuintal. Akibat adanya selisih harga yang masih tinggi, lanjutnya, petani memilih untuk menahan gabah hingga harga naik.

http://www.pikiran-rakyat.com/node/256965


Analisisnya :

What    : Penggilingan padi mulai kekurangan gabah untuk diproses menjadi beras.
Who     : Endang
When   : Kamis (31/10/2013).
Where  : Situbatu, Kecamatan Banjar, Kota Banjar
Why     : Berkurangnya aktivitas penggilingan padi atau huller tersebut disebabkan 
               karena banyak petani yang memilih menyimpan gabah menunggu harga gabah 
               naik.
How    : Penurunan aktivitas penggilingan padi berlangsung sejak memasuki musim 
              kemarau.Pada saat musim kemarau penurunan penggilingan padi mencapai 40 
              persen – 50 persen dibandingkan kondisi normal. 
              Kondisi tersebut juga tidak lepas dari adanya penurunan produksi gabah petani. 
              Untuk memenuhi kewajiban terhadap Bulog,
              beberapa penggilingan padi terpaksa harus mencari gabah dari luar daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar